Matakuliah Pengantar Akuntansi mempelajari tentang pengetahuan dasar akuntansi keuangan yaitu konsep pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan atas transaksi keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum di Indonesia. Tujuan akhir dari pembelajaran adalah Mahasiswa mampu merumuskan perlakuan akuntansi (pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan) atas transaksi keuangan dasar sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterima umum di Indonesia secara tepat dan benar (C6), dan menggunakan prinsip akuntansi yang diterima umum di Indonesia untuk merumuskan perlakukan akuntansi atas tranksaksi keuangan dasar secara tepat dan benar (P5) dan menunjukkan sikap kolaboratif dan partisipatif serta komunikatif bersama kelompok kerja dan daya kritis untuk merumuskan perlakuan akuntansi atas transaksi keuangan dasar secara konsisten (A5). Bahan kajian dalam matakuliah ini meliputi pengetahuan dasar akuntansi keuangan yang meliputi prinsip dan konsep dasar akuntansi, konsep sistem jurnal dalam akuntansi, proses penyesuaian, siklus akuntansi, akuntansi perusahaan dagang, persediaan, piutang, aset tetap dan tak berwujud, liabilitas lancar, liabilitas jangka panjang, perseroan, investasi, dan laporan arus kas.
Proses pembelajaran matakuliah ini diselenggarakan secara blended learning dengan model flipped classroom yaitu menggunakan metode belajar sinkron melalui tatap muka langsung baik secara daring atau luring untuk proses diskusi kasus untuk pendalaman materi, dan belajar asinkron melalui e-learning Universitas Airlangga untuk belajar secara mandiri atas bahan ajar yang disediakan oleh dosen. Metode pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan adalah case based learning yaitu merumuskan masalah dan penyelesaian masalah baik secara mandiri ataupun berkelompok atas studi kasus yang diberikan oleh dosen pengajar. Matakuliah ini juga menggunakan metode pembelajaran project based learning yaitu menyusun laporan keuangan perusahaan dagang dan jasa pada UMKM bersama tim kerja. Metode pembelajaran problem based learning juga digunakan dalam matakuliah ini yaitu menyelesaikan kasus bidang akuntansi pada kehidupan riil bersama kelompok. Penilaian capaian kompetensi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model protofolio penilaian dari beberapa metode penilaian sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa yatu diskusi kasus, proyek kelompok, dan ujian tulis serta kuis mingguan.